Kreasi Ibu-ibu Sidomukti Olah Tempe Jadi Nugget

0
250 views
Ibu-ibu Sidomukti belajar mengolah tempe menjadi nugget dan makanan olahan lainnya. (Foto: Istimewa)
Ibu-ibu Sidomukti belajar mengolah tempe menjadi nugget dan makanan olahan lainnya. (Foto: Istimewa)

BeritaGresik.com – Tempe merupakan salah satu makanan favotit masyarakat Indonesia. Saat ini tempe tidak hanya disajikan sebagai menu tambahan di meja makan, tapi mulai diolah menjadi aneka rasa.

Membuat makanan olahan berbahan dasar tempe ini dilakukan ibu-ibu di kelurahan Sidomukti Kecamatan Kebomas, Gresik. Mereka mengolah tempe menjadi nugget tempe, biskuit, pastel jamur dan sempol tempe.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian Perdagangan Gresik. Selain memfasilitasi pembuatan makanan berbahan tempe, Diskoperindag juga memberikan pelatihan pengemasan.

Mereka mendatangkan Nugrahani dari Fakultas Teknik Tata Boga UESA Surabaya untuk mengajari ibu-ibu di Kelurahan Sidomukti mengolah makanan dari tempe.

“Saya yakin produk yang saya ajarkan ini akan diterima karena produk ini termasuk frozen food yang bisa awet dengan pendinginan,” kata Nugrahani,” di balai desa Sidomukti, Kamis (24/11/2016).

Dia mengatakan, secara ekonomi produk olahan berbahan dasar tempe tersebut akan mendatangkan keuntungan besar. Nugrahani optimistis produk yang diajarkannya ini akan diterima masyarakat.

“Ada keuntungan sekitar limapuluh persen lebih dari modal yang dikeluarkan. Kalau para ibu ini membuat dengan benar sesuai resep yang kami ajarkan, saya yakin bila dilempar ke pasaran akan laku” ucapnya. (as)