2 WNI Dikabarkan Jadi Korban Tragedi Mina

0
425 views

BeritaGresik.com – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mendapatkan informasi ada dua warga negara Indonesia yang diduga jadi korban dalam tragedi saling injak jemaah Haji di Mina, Arab Saudi, pada Kamis (24/9). Namun, Retno mengatakan masih harus mengkonfirmasi kabar ini.

Pihak Kementerian Luar Negeri belum bisa mengkonfirmasi dua orang tersebut merupakan korban meninggal atau korban luka. “Kami memperoleh informasi ada 2 WNI yg menjadi korban. Ini masih kami konfirmasi terlebih dahulu,” ujar Retno.

Untuk dugaan awal, Retno mengungkapkan bahwa kedua WNI tersebut terpisah dari rombongan. Indikasi bahwa dua WNI tersebut memang benar menjadi korban berasal dari gelang yang menjadi tanda pengenal.

“Indikasi dua jemaah haji ini dilihat dari tanda pengenal berupa gelang yang dipakai korban,” kata Retno.

Korban tewas dalam tragedi di Mina saat ini diketahui 717 orang dan 805 luka-luka, menurut kicauan dari akun Twitter resmi Direktorat Pertahanan Sipil Arab Saudi.

Tragedi ini bermula dari rasa panik yang melanda sejumlah jemaah haji. Berdasarkan keterangan otoritas setempat seperti dikutip The Guardian, kepanikan muncul saat seorang jemaah haji terjatuh di jembatan lalu membuat rombongan saling dorong dan saling injak di Street 204 yang bersimpangan dengan Street 223.

“Dimulai dari sebagian kecil massa jatuh, mereka mulai menginjak-injak, diikuti dengan rasa panik dan upaya untuk melarikan diri dari kerumunan, yang mengarah ke peningkatan jumlah korban,” kata Brigadir Mansour al-Turki dari Pasukan Keamanan Umum Arab Saudi Umum.

Lokasi tersebut merupakan area dua jalur menuju Mina di mana pilar batu tempat lempar jumrah berada. [cnn/as]