Menjelang Tahun Ajaran Baru, Penjual Seragam Di Gresik Kebanjiran Pembeli

0
419 views

BeritaGresik.com – Menjelang tahun ajaran baru, penjual seragam sekolah di Kabupaten Gresik kebanjiran pembeli sehingga membuat penghasilan mereka meningkat.

“Sehari bisa laku 40 lembar seragam sekolah, kalau hari biasa paling sekitar 10 lembar, itu juga kalau menjelang musim tahun ajaran baru seperti sekarang. Saya bersyukur meski suasana seperti ini biasanya terjadi hanya setahun sekali,” kata Hafid, penjual perlengkapan sekolah di Pasar Kota Gresik, Jawa Timur, Jumat (24/7/2015).

Harga seragam sekolah bervariasi tergantung ukuran dan merek. Untuk baju sekolah dijual antara Rp 60.000 hingga Rp 90.000, namun makin besar ukuran baju maka harga juga lebih mahal.

Harga rok panjang dijual Rp 60.000 per lembar dan ukuran pendek Rp 51.000 per lembar. Untuk celana panjang dijual Rp65.000 per lembar, sedangkan celana pendek Rp 55.000 per lembar.

Selain seragam, penjualan perlengkapan lainnya seperti tas dan sepatu juga terlihat ramai. Warga sengaja mengalokasikan uang untuk membeli seperangkat perlengkapan sekolah anak mereka.

“Kebetulan anak saya tahun ini masuk SD, jadi semua beli baru, mulai seragam, tas, sepatu, buku dan lainnya. Makanya sejak jauh-jauh hari saya menabung karena mempersiapkan ini,” kata Rusmi (47), salah seorang warga.

Dia mengaku baru membeli perlengkapan sekolah anaknya setelah lebaran karena uangnya baru terkumpul. Sebelumnya dia harus mengatur keuangan karena banyak keperluan menghadapi lebaran, seperti untuk konsumsi dan pakaian baru.

Sesuai edaran Dinas Pendidikan, sekolah di Jawa Timur akan kembali aktif mulai Senin (27) nanti. Artinya, saat ini siswa dan guru sudah harus mempersiapkan diri kembali beraktivitas di sekolah seperti biasa. (wan).