Harga Gula Masih Tinggi, Pemkab Gresik Lanjutkan Operasi Pasar

0
368 views
Pemkab Gresik gelar operasi pasar gula. (Foto: Kab.Gresik)
Pemkab Gresik gelar operasi pasar gula. (Foto: Kab.Gresik)

BeritaGresik.com – Kendati sudah dilakukan operasi pasar selama tiga hari sejak 20-22 Mei 2016 di Pasar Baru Gresik, harga gula masih tetap tinggi yaitu di kisaran Rp 16 ribu per kilogram. Harga ini naik dari sebelumnya yang hanya Rp 12 ribu per kilogram.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Gresik melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag UKM) akan memperpanjang operasi pasar gula pasir hingga akhir Mei mendatang.

“Kami akan melaksanakan operasi pasar gula pasir susulan setelah ada kepastian perpanjangan dari Dinas Perindustrian dan Perdaganagn Provinsi Jawa Timur,” kata Kepala (Diskoperindag UKM) Gresik, Najikh, melalui Kabag Humas, Selasa (24/5/2016).

Sebelumnya, selama tiga Diskoperindag UKM Gresik bekerjasama dengan PT PPI sempat mengadakan operasi pasar gula pasir dengan harga jual Rp 12 ribu per kilogram. Operasi pasar itu dilaksanakan di halaman Pasar Baru Gresik.

Menurut hasil pantauan di tiga pasar yaitu Pasar Baru, Pasar Kota dan Pasar Sidomoro, rata-rata harga gula masih bertengger di kisaran harga antara Rp 15.500-16 ribu.

Berdasarkan surat dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Timur tertanggal 18 Mei 2016 Nomer 510/2055/118-06/2016. Operasi pasar murah gula tetap dilanjutkan mengingat kenaikan harga gula masih 18,9%.

“Kami meminta operasi pasar murah untuk komoditi gula tetap dilanjutkan mengingat harga gula masih tinggi dibanding sebelumnya. Selain itu selama bulan Juni 2016 kami melaksanakan operasi pasar untuk empat komoditi yaitu beras, gula, minyak goreng dan tepung terigu” ujarnya. (as)