Pemberdayaan Ekonomi Jadi Prioritas Pembangunan 2016

0
349 views
Pelatihan standarisasi mutu industri di Balai Desa Tanjangawan, Senin (14/3/2016). Acara ini diikuti 45 pelaku UMKM di desa setempat.
Pelatihan standarisasi mutu industri di Balai Desa Tanjangawan, Senin (14/3/2016). Acara ini diikuti 45 pelaku UMKM di desa setempat.

BeritaGresik.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Gresik menjadikan sektor pemberdayaan ekonomi rakyat sebagai prioritas pembangunan di tahun 2016 ini. Hal itu diduga untuk menghadapi MEA yang mulai berlaku pada Mei 2016.

“Pembangunan  yang paling prioritas adalah pemberdayaan ekonomi rakyat melalui banyak faktor,” ungkap Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat ditanya para wartawan di Gresik, Kamis (24/3/2016).

Sayangnya, Sambari tidak menyebutkan secara detil lewat sektor apa saja upaya pemberdayaan ekonomi rakyat itu akan dilakukan. Dia bahkan tidak menyebut prioritas pemberdayaan ekonomi lewat sektor usaha kecil dan menengah (UKM).

Namun demikian, belaksngan Pemkab Gresik tanpak memberikan perhatian khusus terhadap pelaku UKM. Salah satunya dengan memberikan pelatihan serta memfasilitasi proses sertifikasi produk yang dihasilkan oleh UMKM.

Bahkan, sebelumnya pemerintah melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Gresik gencar memberikan pelatihan. Mereka juga aktif memfasilitasi pemberian sertifikasi sesuai standar kesehatan.

“Kami juga memfasilitasi pengurusan berbagai perijinan. Hal ini penting, jelang berlakunya MEA, kami harus mempersiapkan para UMKM,” ujar Kabid Perindustrian Ilmul Yaqien melalui kabag Humas Suyono. (wan)