Sambari Ibaratkan Kadin Gresik Baru Sembuh dari Sakit

0
414 views
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dalam acara pengukuhan pengurus Kadin Gresik yang baru di ruang Mandala Bhakti Praja, Jumat (23/12/2016). (Foto: Pemkab Gresik)

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyoroti lemahnya kinerja Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Gresik dalam berapa tahun terakhir. Selama ini Kadin dipandang tidak mampu memaksimalkan potensi ekonomi Gresik.

Kritik pedas itu dikemukakan Sambari usai mengukuhkan kepengurusan Kadin Gresik yang baru, Jumat (23/12/2016). Menurut dia, kiprah Kadin Gresik jauh tertinggal dengan Kadin di daerah lain di Jawa Timur.

“Dengan modal daerah yang besar seperti ini harus di maksimalkan. Malu dengan kadin di kota lainnya. Banyak kecolongan dengan kabupaten lain, seperti produk industri Gresik belum terlihat,” ucapnya.

Sambari menjelaskan, jika melihat secara jeli, potensi yang ada di Kabupaten Gresik diyakini mampu mendorong kinerja Kadin. Dia mencontohkan, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gresik yang semakin besar.

“Kita punya BUMD silahkan dimanfaatkan, banyak potensi di wilayah Gresik yang bisa disinergikan dengan Kadin. Koordinirkan stand-stand yang ada di Gresik, dan disingkronkan dengan Diskoperindag,” ujarnya.

Ia mengibaratkan Kadin Gresik selama ini sakit. Ke depan, Sambari menekankan agar Kadin Gresik yang sudah sembuh punya semangat tinggi. Sebab, Gresik termasuk kabupaten yang mempunyai PAD tinggi.

Kepengurusan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) kabupaten Gresik masa bhakti 2015-2020 yang baru saja dikukuhkan diminta untuk bekerja secara profesional dan kinerjanya dapat lebih dimaksimalkan.

Ketua Kadin Gresik yang baru dikukuhkan, Lalilatul Qodri mengatakan, pihaknya bakal sekuat tenaga untuk memajukan Kadin Gresik, dengan cara meningkatkan keharmonisan dan persatuan di internal.

Menurut dia, lemahnya kinerja Kadin Gresik kepengurusan sebelumnya disebabkan banyak pengurus yang super sibuk. Ia berjanji hal itu tidak akan diulangi, sebab pihaknya sudah menyiapkan strategi jitu.

“Harapan kami kedepannya akan lebih optimal. Kami sudah menyiapkan tim kreatif untuk mendorong para anggota,” pungkasnya usai pengukuhan 49 pengurus Kadin masa bakti 2015-2020. (wan)