PNS Polres Gresik Dibekali Keterampilan Membatik

0
108 views
Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan membekali PNS Polres Gresik dengan keterampilan membatik. (Foto: BG/Wan)
Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan membekali para PNS Polres Gresik dengan keterampilan membatik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Kapolres Gresik AKBP Adex Yudiswan memberdayakan para PNS di lingkup Polres Gresik, khususnya bagi PNS wanita. Mereka diberi keterampilan membatik sebagai bekal saat masa purna.

Tak tanggung-tanggung, dalam kegiatan ini Kapolres langsung mendatangkan Ernawati, seorang owner dari Batik “Erna Surodinawan” yang juga pengrajin batik asal Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Kegiatan membatik ini dilaksanakan di Aula Mapolres Gresik dengan diikuti oleh 25 PNS Wanita Polres Gresik yang berada di bawah naungan Kabag Sumda Polres Gresik Kompol Sulis, Rabu (23/11/2016).

Materi belajar batik tulis ini meliputi pengenalan alat-alat batik yang berupa kain katun, canting, malam, wajan, kompor kecil, gawangan, pensil dan pewarna.

Ernawati menuturkan, tahap awal yakni pengenalan bagian serta fungsi masing-masing alat. Setelah itu dilanjutkan dengan materi teknik membatik berikut juga tata cara penuangan ide gambaran kain batik.

Setelah pemberian teori usai, maka anggota PNS segera melakukan proses membatik yang diawali dengan menggambar pada kain katun yang disediakan menggunakan pensil.

AKBP Adex menuturkan, pembelajaran kerajinan batik ini ditujukan agar anggotanya memiliki keterampilan yang unggul, sehingga mampu menciptakan usahawan kelak ketika masa purna.

“Tidak hanya sekedar bekerja, kami akan melakukan segala upaya untuk mengembangkan minat dan bakat anggota. Terutama dalam hal pembekalan untuk masa purna” terang Kapolres Gresik. (wan)