Ikan Melimpah, Usaha Pindang di Bawean Bergairah

0
1,770 views
Produksi ikan pindang di Dedawang, Bawean. (Foto: BG/Gfr)
Produksi ikan pindang di Dedawang, Bawean. (Foto: BG/Gfr)

BeritaGresik.com – Hasil tangkapan ikan nelayan di Pulau Bawean kembali melimpah sejak awal Agustus 2016. Hal ini membawa berkah bagi para pelaku usaha ikan pindang yang ada di dusun Dedawang, Desa Telukjatidawang Kecamatan Tambak Bawean, Gresik.

Sempat vakum beberapa bulan karena minimnya hasil tangkapan ikan, kini usaha pindang yang berolaksi di Dusun Dedawang ini kembali beroprasi.

Ada puluhan home industri ikan pindang di Dusun Dedawang. Sebagian besar berlokasi di bibir pantai. Setiap hari masing-masing home industri ini bisa menghasilkan hingga 500 kendil pindang yang siap dikirim ke Pulau Jawa.

“Kalau hasil perharinya tergantung berapa basket ikan, satu basketnya itu bisa 100 kendil ikan pindang, biasanya hingga 5 basket per hari,” ujar Arifah, salah satu pekerja pembuat ikan pindang.

Ada beberapa tahapan dalam proses pemindangan ini, mulai pemasangan ikan ke dalam kendil hingga proses pengukusan. Setelah itu, ikan pindang yang sudah masak akan dibuang airnya dan taburi garam, lalu kendil dibungkus dan dikemas dengan daun jati.

Ikan pindang produksi warga Dusun Dedawang ini bisa tahan hingga tiga bulan jika diolah dengan benar. “Ketahanannya bisa hingga tiga bulan, kalau sesuai proses,” jelasnya.

Arifah dengan beberapa temannya mulai melakukan pemindangan sejak datangnya para nelayan yang melaut. “Kalau mulainya sih tergantung datangnya penangkap ikan, kalau jam 6 datang, jam segitu kita mulai bekerja biasanya sampai sore,” pungkasnya. (gfr)