Menteri Agama: Lulusan Ponpes Bisa Bersaing di Dunia Kerja

0
712 views

BeritaGresik.com – Lulusan pondok pesantren (ponpes) dan lembaga pendidikan Islam kini bisa lebih bersaing di dunia kerja industri. Hal itu menyusul telah ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) antara Kementerian Agama (Kemenag) dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Dalam penandatangan nota kesepahaman ini, BKPM dikatakan akan memfasilitasi dan menghubungkan kebutuhan kalangan dunia usaha dengan pesantren.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin menyambut baik nota kesepahaman itu. Di menilai nota kesepahaman itu merupakan penyelarasan antara pendidikan agama dengan kebutuhan dunia industri seiring dengan masuknya investasi.

“Agar juga terjadi peningkatan kelulusan dan selaras dengan kebutuhan dunia industri,” ujar Lukman dalam Nota Kesepahaman Kementerian Agama RI dengan BKPM tentang pengembangan SDM untuk mendukung kegiatan di sektor industri di Ponpes Qomaruddin, Sampurnan, Bungah, Gresik, Minggu (23/8).

Lukman mengatakan bahwa industrialisasi tidak dapat dielakkan lagi saat ini. Karena itu Lukman ingin agar para santri dan pengusaha bisa bergandeng tangan sehingga industri bisa berjalan dan mampu menyerap tenaga kerja khususnya dari kalangan pesantren dan lembaga pendidikan Islam.

“Nota kesepahaman ini juga sesuai dengan nawacita yang ada di poin 4, poin 7, dan poin 8,” pungkas Lukman. [as]