BKPM Siapkan Program Pelatihan Kerja Untuk Pesantren

0
389 views

BeritaGresik.com – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan perusahaan dan asosiasi di sektor industri akan membantu penyusunan program pendidikan dan pelatihan di pondok pesantresn yang sesuai dengan kebutuhan sektor industri.

Pernyataan itu disampaikan Franky usai menandatangani nota kesepahaman (MoU) tentang tentang pengembangan SDM untuk mendukung kegiatan di sektor industri dengan Kementerian Agama (Kemenag), di Gresik, Minggu (23/8).

Selain membantu penyusunan program, BKPM dan Kemenag juga akan mengadakan pelatihan kerja dan memfasilitasi ketersediaan informasi peluang kerja di sektor industri yang dapat dimanfaatkan oleh kalangan pesantren.

“Kalangan dunia usaha dengan aktivitas investasinya dan pesantren dengan potensi tenaga kerja yang dimilikinya harus tersambung dengan harmonis agar tujuan pembangunan tercapai, yakni perekonomian mau dan tenaga kerja terserap,” ujar Franky.

Nota kesepahaman di Gresik ini, kata Franky, merupakan proyek percontohan dan akan diaplikasikan ke daerah-daerah lain. Lokasi yang akan meniru proyek tersebut adalah Banten, Jabarm, Jateng, dan Palu.

Dari data Kementerian Agama, saat ini terdapat 13 juta anak didik dari kalangan pesantren dan lembaga pendidikan di bawah naungannya yang berpotensi menjadi tenaga produktif pada periode bonus demografi.

BKPM memproyeksikan kebutuhan sekitar 14 juta tenaga kerja dari pengajuan izin prinsip yang masuk sepanjang Oktober 2014-Maret 2015, terjadi realisasi penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.155.000 orang dari nilai investasi sebesar Rp 380,1 triliun. [as]