Pembangunan Smelter Masuk Tahap Perizinan Lahan

0
1,038 views

JAKARTA, BeritaGresik.com – Dirjen Minerba Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono mengatakan rencana PT Freeport Indonesia membangun pabrik pengolahan dan pemurnian (smelter) di Gresik, Jawa Timur memasuki proses perizinan lahan.

Namun kali ini, Freeport menggandeng Petrokimia Gresik dalam proses perizinan lahan serta dalam meningkatkan progres pembangunan smelter tersebut.

“Pembangunan smelter sudah mulai ada peningkatan progresnya. Freeport juga bekerjasama dengan Petrogres untuk proses perizinan lahannya di sana,” kata Gatot usai rapat tertutup dengan Komisi VII dan Direktur Freeport, di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (23/6).

Menurut dia, saat ini sudah ada perjanjian dengan Petrogres. Semua proses perizinan lahan hampir diselesaikan. “Sudah ada proses negosiasi-negosiasi dan mulai adanya pengadaan-pengadaan teknologi yang nanti akan digunakan, progresnya sudah ada,” jelasnya.

Sebelumnya, PT Freeport Indonesia sepakat untuk membayar kewajiban keuangan yang berlaku sesuai pada kesepakatan Juli 2014. Adapun nilai investasi proyek smelter sekitar USD2 miliar. [okezone/as]