Warga Diminta Waspada Beras Plastik

0
308 views

SAMPANG, BeritaGresik – Maraknya peredaran beras plastik yang berbahaya membuat Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam) Kabupaten Sampang, Madura mengambil langkah cepat.

Guna melindungi konsumen, pihak Disperindagtam menyebar surat edaran dan memantau sejumlah toko grosir beras yang ada di Sampang.

“Hari ini kita sudah sebar surat edaran agar masyarakat waspada. Selain itu untuk pedagang juga diminta tidak membeli atau menjual beras plastik karena membahayakan kesehatan,” ujar Busar Wibisono, Kepala Seksi Pengadaan dan Penyaluran Disperindagtam Kabupaten Sampang, Jumat (22/5).

Sejauh ini di Kabupaten Sampang sendiri belum ada pengaduan maupun temuan mengenai peredaran beras plastik dan atau beras yang dicampur biji plastik.

Khawatir beras plastik masuk Gresik, Kapolres Gresik AKBP Ady Wibowo bersama anggota intelijen melakukan inspeksi mendadak (sidak) bersama Wakil Bupati Gresik M. Qosim, dan jajaran Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Dinkoperindag), Kamis (21/5).

“Ini baru beras asli tidak ada unsur plastiknya,” ujar AKBP Ady Wibowo.

Tidak hanya satu toko yang dijadikan sampel, namun beberapa toko yang lain yang menjual beras dilakukan hal yang sama dan semua beras yang mereka jual, tenggelam.

Beberapa pedagang beras mengaku gembira dijadikan sasaran sidak, karena membuat masyarakat jadi percaya dagangan beras yang ditawarkan asli.

“Usai disidak, dagangan beras saya malah laku keras,” ujar Bu Tina (54), pedagang beras Pasar Baru Gresik. [AS]