Terminal Teluk Lamong Tonggak Kebangkitan Maritim Nasional

0
437 views

GRESIK, BeritaGresik – Beroperasinya pelabuhan peti kemas Terminal Teluk Lamong dan Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) adalah tonggak penting proyek tol laut. Keberadaannya diharapkan meningkatkan daya saing produksi dalam negeri serta memacu perekonomian nasional.

“Kami bermaksud mengawali kebangkitan maritim Indonesia dari Jawa Timur, dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Ini momentum tepat karena bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional,” kata Dirut Pelindo III, Djarwo Surjanto, dalam peresmian Terminal Teluk Lamong, Gresik, (22/5).

Peresmian beroperasi pelabuhan tercanggih di Indonesia ini dilakukan oleh Presiden Jokowi. Di dalam sambutannya, Jokowi yakin dua fasilitas baru ini sangat sangat besar manfaatnya bagi industri di Jawa Timur dan Indonesia bagian timur.

Terminal ini berdiri di atas lahan seluas 40 hektar. Proyek yang pembangunannya dimulai 2010 silam merupakan perluasan dari Pelabuhan Tanjung Perak yang sudah kelebihan kapasitas bongkar muat barang.

Tahap pertama ini memiliki kapasitas 500 ribu TEUs petikemas domestik dan 1 juta TEUs petikemas internasional. Sedangkan curah kering dengan standar pangan dengan kapasitas 5 juta tonakan siap pada 2016 .

Pembangunannya bersamaan dengan revitalisasi APBS yang mewujudkan konsep Greater Surabaya Metropolitan Port. Jalur masuk dan keluar pelabuhan ini dibuat lebih lebar dan dalam sehingga kapal-kapal niaga raksasa yang melayari rute-rute trans atlantik dapat merapat membongkar muatannya.

“Dulu APBS hanya bisa dilalui kapal-kapal berukuran 15 ribu deadweight tonnage (DWT). Sekarang kapal-kapal yang melalui Pelabuhan Tanjung Perak dan sekitarnya bisa mencapai 80 ribu DWT. Ini memungkinkan membuka jalur pelayaran langsung ke Tiongkok maupun Eropa,” kata Djarwo.

Oktober tahun lalu, Pelindo III telah meresmikan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara yang merupakan terminal penumpang modern pertama di Indonesia. Proyek tersebut juga bagian konsep Greater Surabaya Metropolitan Port yang menjadikan Pelabuhan Tanjung Perak sebagai pusat fasilitas pelabuhan di sepanjang Selat Madura.

“Inilah momentum kebangkitan maritim Indonesia,” tegasnya. [ZR/metrotv]