Mengintip Cara Kerja Wartawan dalam Menghimpun Berita

0
624 views
Foto: BG / Wan
Foto: BG / Wan

BeritaGresik.com – Sejumlah Wartawan sedang melakukan Pengiriman be rita Kepada redaksinya masing-masing di base camp balai Wartawan Gresik, Senin (21/12/2015). Setiap hari mereka Terus berupaya menyuguhkan Informasi Yang Akurat Kepada khalayak atau publik.

Salah Satu Metode liputan Yang mereka terapkan hearts menghimpun berita di lapangan, yaitu metode liputan investigasi (investigatif pelaporan). Metode ini biasanya digunakan Diposkan Wartawan untuk review mengungkap informasi atau fakta yang jarang diketahui publik.

Pelaporan investigatif interpretatif (pelaporan investigatif interpretatif) berkembang sebagai hasil temuan dari pemikiran dan analisis yang cermat serta pengejaran fakta yang diikuti, untuk review memadukan informasi dalam konteks yang baru dan lengkap.

Masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi wartawan dalam menyajikan karya jurnalistik investigasi. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 20 orang wartawan.

Tujuan penelitian untuk menjawab pertanyaan dari identifikasi masalah yaitu untuk mengetahui pengetahuan, sikap, serta motivasi wartawan dalam menuliskan katya jurnalisme Investigasi.

Kegunaan penelitian memberikan hasil temuan penelitian untuk mendukung kebijakan Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Tentang Pembinaan Perusahaan Penerbitan Media massa.

Kemudian untuk perumusan kebijakan berkaitan standarisasi profesi wartawan khusunya pelaksanan aktifitas jurnalisme investigatif yang dilakukan oleh para wartawan.

Hasil penelitian menunjukan para wartawan memahami secara normatif dan praktis tenyang jurnalistik dan aktivitasnya. Adapun ketidaktahuan artikulasi tentang jurnalistik lebih kepada aspek normatif.

Para wartawan pernah melakukan kegiatan investigatif pelaporan. Kendatipun pernah melakukan liputan jurnalistik investigasi, tidak semua wartawan menyukai kegiatan jurnalistik investigasi.

Para wartawan termotivasi melakukan kegiatan jurnalistik investigasi katena menyatakan mendapat dukungan dari perusahaan penebitan atau tempatnya bekerja dan responden merasa puas dalam melakukan aktifitasnya.

Selain faktor teknis, dukungan dari perusahaan, para wartawan mendapat penghargaan atau dihargai karya jurnalitik investigasi yang dibuatnya. (wan)