Buruh Gresik Tolak Penetapan UMK 2017

0
2,630 views

BeritaGresik.com – Ratusan massa dari berbagai elemen buruh di Kabupaten Gresik kembali menggelar aksi demo, Senin (21/11/2016). Mereka menolak upah minimum kota/kabupaten (UMK) 2017 yang ditetapkan Gubernur Jawa Timur.

Alasannya, penetapan UMK tersebut tidak sesuai atau lebih rendah dari usulan Bupati Gresik. Sebelumnya, Bupati Gresik mengusulkan UMK Gresik sebesar Rp 3,7 juta. Tapi, Gubernur Jatim menetapkan UMK Gresik sebesar Rp Rp3.293.506,25

Sebelum melanjutkan perjalanan menuju Gedung Negara Grahadi di Surabaya, buruh menggelar aksi demo di Gresik. Mereka sempat memblokade pintu masuk menuju Petrokimia Gresik. Akibatnya, banyak pengguna jalan yang terpaksa putar balik.

Massa buruh sempat bergerak mendekat ke Kantor Petrokimia, namun langsung dihadang petugas. Setelah melakukan orasi di Petrokimia, para pendemo akhirnya melanjutkan aksinya ke Grahadi Surabaya.

Selain menolak penetapan UMK 2017 yang ditandatangani Gubernur Jatim Soekarwo, buruh juga menuntut pemerintah agar merevisi UMK 2017 yang dianggap terlalu rendah dan tidak sesuai tuntutan buruh. (amn)