Harga Hewan Kurban Terus Naik Mendekati Idul Adha

0
21 views
Salah satu tempat pejualan hewan kurban di Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Harga hewan kurban di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terus merangkak naik mendekati Hari Raya Idul Adha. Kenaikan itu terjadi hampir di semua tempat penjualan hewan kurban di wilayah Gresik.

Untuk harga sapi berada pada kisaran Rp 10 juta hingga mencapai puluhan juta. Perbedaan harga hewan tersebut sangat ditebtukan oleh jenis serta ukuran sapi.

Salah seorang penjual hewan kurban di Gresik, Tohir, mengatakan, biasanya harga hewan akan turun lagi dan kembali normal setelah musim haji selesai. Naiknya harga hewan kurban itu terkait dengan biaya pemeliharaan dan pakan sampai hewan itu dibeli.

“Harga sebelumnya memang lebih murah tetapi pembeli kan harus menyediakan pakan dan merawat sendiri sampai hewan disembelih untuk kurban,” kata Tohir, Senin (21/8/2017).

Agar hewan kurban yang dijual terlihat bersih dan menarik, Tohir secara khusus ruyin memandikan hewan kurban yan dijual. Hewan kurban dianjurkan jantan, kondisinya sehat dan sudah dewasa.

“Kalau hewannya bersih kan punya nilai lebih. Ini untuk menarik pembeli, karena persaingan ketat,” tuturnya.

Tempat penjualan hewan kurban di Gresik tersebar di sejumlah lokasi seperti di jalur Menganti-Surabaya, Kapten Dulasim, Kompleks Gresik Kota Baru, Randu Agung, dan jalur Manyar-Sembayat. Rata-rata hewan didatangkan dari luar Gresik. (wan)