Harga Kebutuhan Pokok di Gresik Mulai Naik

0
514 views

BeritaGresik.com – Sejumlah harga kebutuhan dapur mengalami kenaikan di Kabupaten Gresik. Salah satunya di pasar Induk Gresik Kota, beberapa kebutuhan pokok seperti rempa-rempa terjadi kenaikan harga. Tak ayal, para konsumen pun mengeluhkan kondisi tersebut.

Dari data yang dihimpun, beberapa kebutuhan dapur yang terjadi kenaikan antara lainnya bawang merah dan bawang putih. Kemudian tomat serta cabe ukuran besar maupun kecil.

Hindun (43) salah satu pedagang di pasar Induk Gresik Kota, saat dikonfirmasi telah membenarkan bahwa sejumlah harga dagangannya sedang naik. Salah satunya adalah cabe. “Cabe besar atau kecil sama saja, ada kenaikan,” katanya kepada wartawan, Jumat (21/8).

Kenaikan harga dari sebelumnya lumayan tinggi. Cabe kecil per kilogram terdapat selisi atau kenaikan Rp 5.000. “Sebelumnya itu satu kilonya Rp 55.000. Tapi sekarang sudah naik menjadi Rp 60.000 per kilonya,” terang pedagang di pasar Induk Gresik.

Mengenai adanya kenaikan harga kebutuhan dapur, pihaknya tidak mengetahui secara detail apa penyebabnya. Yang jelas, ketika pihaknya membeli dari tengkulak sudah terdapat kenaikan harga. “Naiknya ya mulai hari ini,” ungkapnya.

Kenaikan harga kebutuhan dapur secara tiba-tiba ini juga dikeluhkan konsumen. Yuli (50) tahun misalnya, warga Gresik itu menuturkan, pihaknya baru mengetahui ada kenaikan untuk harga kebutuhan dapur setelah belanja ke pasar.

“Awalnya ya nggak tahu, tapi tiba-tiba waktu belanja di pasar ternyata banyak (harga) yang naik. Diantaranya kebutuhan untuk memasak,” ujarnya.

Setelah mendapati beberapa harga kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan, pihaknya pun mengeluhkannya. “Ya susah mas, kalau semuanya (harga kebutuhan pokok) naik. Karena itu kan kebutuhan setiap hari,” tandasnya.

Yuli pun berharap, kondisi kenaikn harga kebutuhan pokok tersebut bisa secepatnya turun dan kembali stabil. “Mudah-mudahan bisa cepat turun,” harapnya. [wan]