Bisnis Florist di Gresik Makin Berkembang

0
567 views
Bisnis florist di Gresik. (Foto: BG/Wan)
Bisnis florist di Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Berkembangnya bisnis florist di Gresik memunculkan beragam kreasi menarik dari para lakonnya. Salah satu yang kini mencuri perhatian, yakni perkembangan tren Character Bouquet yang kian diminati.

Bahkan, beberapa konsumenya terdiri dari para remaja hinggga orang dewasa. Mereka memanfaatkan karya seni Character Bouquet ini untuk keperluan berbagai acara seperti peringatan hari spesial.

“Ada banyak pilihan kalau karya seni merangkai bunga, menurutku yang paling berseni dan berkesan,” ujar Sufi Sufiati saat ditanya tentang rangkaian bunga favoritnya tersebut, Rabu (20/4/2016).

(Foto: BG/Wan)
(Foto: BG/Wan)

Character Bouquet sendiri merupakan bunga dengan sentuhan seni di permukaannya. Di Gresik, masih jarang ditemui lakon dari karya seni tersebut. Caranya, memasang beberapa aksesoris seperti kain dan pita untuk membentuk guratan karakter di muka bunga.

“Saya lebih suka karakter kartun, seperti Winny the Pooh, Panda dan berbagai karakter kartun hitz lainnya,” sebut dia.

Selain karena bunga segar di Gresik telah menjadi suatu yang langka, seni dari rangkaian itu sendiri juga mencuri perhatian. Khas dari Character Bouque, ini ialah adanya aksesoris jelas seperti mata, hidung, telinga hingga mulut yang membentuk wajah kartun biasanya.

(Foto: BG/Wan)
(Foto: BG/Wan)

Bahkan untuk lebih menarik, terdapat tambahan kain bermotif atau olos dengan warna pastel yang melekat di pangkal bunga dengan tali pita sebagai pemanisnya.

“Seru kalau digunakan untuk acara penting seperti unniversary, kegiatan penting hingga perayaan ulang tahun,” sebut perempuan asal Balongpanggang tersebut.

Pemilik usaha florist di kawasan Giri, Rahmi Hidayah mebgatakan, rangkaian bunga yang dibandrol dari harga Rp 150 ribu ke atas banyak diminati remaja hingga dewasa. “Sebelumnya, untuk keperluan formal banyak yang berburu rangkaian standing bouquet,” jelas dia.

Menurutnya, Character Bouquet lebih menonjolkan keceriaan, sehingga wajar saja bila banyak digandrungi remaja. Dibandingkan dengan standing bouquet, rangkaian jenis ini disebutnya tanpak lebih hidup dan lucu.

“Karena kalau yang standing lebih sederhana dan tatanannya cenderung monoton,” papar pemilik flower store tersebut.

Bunga pokok yang biasa digunakan untuk rangkaian tersebut ialah, bunga krisan, aster, hingga mawar holland. Dalam satu rangkaian Character bouquet tersebut terdapat 10 hingga 20 puluh tangkai di dalamnya.

Untuk ukurannya, disesuaikan dengan pesanan konsumen dan karakter yang dipilih. “Sebelum merangkainya, harus membuat pola terlebih dahulu,” ujar dia.

Dalam dua bulan terakhir ini, rata-rata Character Bouquet bisa keluar hingga lima bouquet. Perlakuan untuk jenis rangkaian ini pun dikatakan sama. Kurang lebih dalam waktu 4 hari bunga segar ini bisa bertahan dalam vas berisi segar.

“Peminatnya semakin banyak dan memancing saya lebih semangat cari kreasi,” tutur dia.

Ia menambahkan, pelanggan bunga di Gresik banyak dari berbagai pihak, mulai dari bank, instansi pemerintah dan institusi lainnya. “Pengerjaannyapun tidak ribet karena sudah menyusun pola sebelumnya,” imbuhnya.(wan)