Hadapi MEA, Gresik Andalkan Produk Unggulan Sektor Kuliner

0
669 views
Foto: BG/Wan
Foto: BG/Wan

BeritaGresik.com – Kabupaten Gresik akan mengandalkan produk-produk unggulan di sektor kuliner dan jajanan khas lokal dalam menghadapi pasar bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Dengan begitu, Gresik diharapka siap bersaing dengan negara lain. Apalagi, banyak produk unggulan Gresik yang dinilai mampu bersaing. Itu disampaikan Mokh Najikh, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian Dan Perdagangan, Kabupaten Gresik menampik kekhawatiran masyarakat.

Menurut dia, Pemkab Gresik harus bersatu-padu menghadapi tantangan ke depan di pasar bebas MEA. Upaya yang dilakukan, yaitu memberi motivasi dan semangat bagi UKM agar lebih kreatif dan inovatif sehingga mampu bersaing dengan produk daerah lain.

“Harapannya produk UMKM di Gresik bisa jadi senjata bagi Jawa Timur untuk memenangkan kompetisi di pasar MEA. Hal yang perlu dihadapi secara serius dalam MEA, yakni tantangan internal mempercepat pertumbuhan ekonomi yang inklusif, yaitu pertumbuhan yang mengurangi kemiskinan,” Najikh, Kamis (21/1/2016).

Dia menambahkan, hal terpenting lagi yakni mengurangi pengangguran, meningkatkan indek pembangunan manusia dan disparitas antar wilayah. Tantangan kedua adalah persoalan eksternal menghadapi berbagai kesepakatan ekonomi regional khususnya di ASEAN dalam pemberlakuan MEA.

Upaya lain adalah meningkatkan SDM melalui pendidikan formal dan nonformal serta akses kesehatan, meningkatkan produktivitas kerja, meningkatkan UMKM serta mengembangkan jejaring kemitraan ekonomi regional dengan provinsi lain.

Data terakhir Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Gresik tahun 2015 hingga 2016 menunjukkan, terdapat total 180.000 pelaku usaha di Kabupaten Gresik yang terdiri atas pelaku usaha mikro, pelaku usaha kecil dan pelaku usaha menengah.

“Intinnya pihak kita selalu memberi fasilitas kepada para pengusaha Kecil Menengah dengan pelatihan pelatihan bagaimana cara mengemas dan penjualan, begitu juga dengan hak paten dan sertifikasi,” tutup Najikh. (wan)