Pupuk Ilegal Diyakini Sulit Beredar di Gresik

0
403 views

BeritaGresik.com – Dinas Pertanian Kabupaten Gresik memastikan, jika pupuk palsu ilegal yang diproduksi di Desa Golokan, Kecamatan Sidayu, Gresik, tidak di pasarkan secara langsung ke petani yang ada di Kabupaten Gresik.

“Pupuk tak bermerk sulit beredar di Gresik. Di sini sudah ada pabrik pupuk sendiri yaitu PT Petrokimia Gresik,” kata Agus Jokowaluyo seperti dilansir SURYA.co.id, Jumat (19/6).

Namun demikian, jika ada petani membeli pupuk ilegal, menurut Agus itu hanya untuk campuran. Petani dikatakan mencampur pupuk bersubsidi dengan pupuk ilegal.

“Jika mengoplos itu dilakukan petani sendiri dan langsung digunakan untuk menyuburkan tanahnya sendiri, tidak mengoplos pupuk bersubsidi kemudian dijual lagi. Itu yang dilarang,” tandasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri menggerebek pabrik sekaligus gudang pupuk yang diduga ilegal di Desa Golokan, Kecamatan Sidayu, Gresik, Kamis (18/6).

Dalam penggerebekan waktu itu, Bareskrim Polri berhasil mengamankan seorang tersangka yaitu Arifin warga Desa Pulogedang, Kecamatan Tambelang, Kabupaten Jombang. [Surya/as]