Cegah Penggunaan Uang Asing, BI Sambangi Bawean

0
657 views
KRI Tombak yang membawa rongbongan BI sandar di Pelabuhan Bawean. (Foto: BG/Gfr)
KRI Tombak yang membawa rongbongan BI Jawa Timur bersandar di Pelabuhan Bawean. (Foto: BG/Gfr)

BeritaGresik.com – Rombongan dari Bank Indonesia (BI) Jawa Timur menyambangi Pulau Bawean, Selasa (17/5/2016). Mereka datang ke Bawean dengan menaiki KRI Tombak milik TNI AL yang dikomandani kolonel Mukhlis.

Direktur BI Jawa Timur Syarifuddin Bassara mengatakan, kedatangan BI ke pulau Bawean sebagai agenda rutin bulanan yang biasa dilakukan pihaknya untuk melayani penukaran uang di daerah kepulauan.

“Kita datang ke sini sebagai agenda bulanan untuk melayani penukaran uang dari bank atau masyarakat, serta beberapa agenda lainnya mengenai keuangan,” kata Syarifuddin.

Menurut pria kelahiran Makkasar ini, apa yang dilakunnya merupakan kebijakan BI guna menghindari penggunaan mata uang asing di pulau-pulau terpencil, serta menekan predaran uang palsu.

“Biasanya kan daerah kepulauan itu masyarakatnya banyak yang merantau ke luar negeri dan banyak membawa uang asing. Untuk menekan predarannya kita tukarkan, selain itu untuk menekan predaran uang palsu,” jelasnya.

Langkah itu disambut antusias masyarakat Bawean. Hal ini terbukti dengan tingginya penukaran uang dalam sehari yang mencapai Rp 1.08 miliar. Jumlah itu hasil penukaran uang di dua kecamatan yang ada di Pulau Bawean.

“Antusiasmenya luar biasa, sehari kita tukar uang sebesar Rp 1.08 miliar, itu penukaran di dua kecamatan, Tambak dan Sangkapura, serta dua Bank yang ada di pulau Bawean yakni Bank Jatim dan BRI, ” paparnya.

Selain agenda penukaran uang, BI juga melakukan sosialisai terkait Bank Centralan. Sasarnnya kali ini sekolah Islamiyah di Kecamatan Tambak.

“Selain itu kita sosialisasi tentang Kebankcentralan, kita perkenalkan tentang Bank Indonesia itu apa, dan juga kita jelaskan tentang membedakan uang asli atau palsu,” ucapnya.

Setelah dari pulau Bawean, rombongan BI dijadwalkan melakukan penukaran uang di beberapa kepualauan lainnya di Jawa Timur seperti pulau Masalembu, Sapeken, Sapudi, Kangean dan Sumenep. (gfr)