UPT Dinas Pertanian Tambak Tertarik Kembangkan Produk Olahan Siswi Mambaul Falah

0
725 views
Manisan Kunyit hasil inovasi siswi Mambaul Falah Bawean.
Manisan Kunyit hasil inovasi siswi Mambaul Falah Bawean.

BeritaGresik.com – Prestasi yang diraih pelajar MA Mambaul Falah Bawean dalan lomba olahan makanan dan minuman yang digelar Pemkab Gresik diapresiasi sejumlah pihak, termasuk UPT Dinas Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Tambak Bawean, Gresik.

UPT Dinas Pertanian dan Perkebunan bahkan tertarik mengembangankan hasil olahan para siswa tersebut melalui kelompok usaha di tingkat desa. Dengan begitu, diharapkan nantinya kelompok usaha tersebut dapat menggerakkan ekonomi kreatif masyarakat di Bawean.

Selai Naga
Selai Naga

Itu diungkapkan kepala UPT Dinas Pertanian dan Perkebunan Kecamatan Tambak, Lailatul Mukarromah, setelah delegasi dari Mambaul Falah berhasil menyabet juara umum dalam lomba olahan minuman dan makanan yang digelar Dinas pertanian dan Perkebunan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Gresik beserta tim penggerak PKK.

Perempuan yang akrab disapa Erma ini meyakini jika inovasi dari delegasi kecamatan Tambak ini dapat diproduksi secara massal dan mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Jus Naga
Jus Naga

“Selai naga yang kita buat ini lain dari yang lain. Kita buat selai campuran buah naga dan buah nanas dan kita beri nama selai ganas, dan air tirisan keduanya kita campur dengan kelapa, kita beri nama selai naga panas artinya selai buah naga, kelapa dan nanas. Nanti kita akan berbagi dengan kelompok usaha di desa-desa,” kata Erma akhir pekan lalu.

Sementara dari olahan minuman jus buah naga menurut Erma diolah sedemikian rupa sehingga baik warna dan rasanya sangat inovatif. “Kalau olahan minuman kita buat campuran jus buah naga, buah alpukat dan buah nanas, warnanya sangat indah dan rasanya juga berbeda dari yang lain”, jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga berencana mengusulkan bantuan bibit buah naga agar warga Bawean membiasakan diri memanfaatkan pekarangan rumahnya yang kosong. “Kan banyak yang dibiatkan kosong. Nanti kita usulkan bantuan bibit buah naga,” pungkasnya. (abr)