Kabupaten Gresik Miliki 19 Bank Sampah

0
203 views
Ilustrasi pengelolaan bank sampah.

BeritaGresik.com – Pembentukan bank sampah dinilai penting guna mengurangi volume sampah di Gresik. Saat ini di Gresik memiliki 19 bank sampah yang telah mengantongi SK bank sampah dari 40 bank sampah yang ada di Kabupaten Grrsik.

Itu diungkapkan Wakil Bupati Gresik Moh. Qosim usai memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2017 di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP), Gresik Minggu (19/2/2017). Kedepan, ia berharap seluruh kelurahan di Kabupaten Gresik memiliki bank sampah.

“Pengurangan sampah saat ini telah dilakukan di sumber sampah domestik melalui bank-bank sampah. Akan tetapi, masih perlu ditingkatkan lagi melalui pembentukan bank-bank sampah baru di daerah yang belum memiliki bank sampah,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dalam sambutan kegiatan HPSN 2017 mengajak warga untuk bersama membangun komitmen dalam mengolah sampah menuju Indonesia bersih sampah 2020.

Menurut dia, sampah bukan lagi menjadi masalah, namun menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sampah sisa makanan dan daun dapat dijadikan kompos dan bernilai ekonomi memiliki prosentase 41 persen.

“Kertas, plastik, logam dan kaca yang merupakan barang yang dapat didaur ulang memiliki nilai ekonomi mempunyai prosentase 41 persen,” kata Sambari.

Dia menambahkan, sampah akan menjadi masalah jika dibuang begitu saja. Masalah yang timbul di yaitu penyakit, pencemaran air dan tanah. Sampah bahkan dapat menyebabkan bencana banjir bila dibuang sembarangan ke drainase. (ant/as)