Mendekati Puasa, Aktivitas di Pelabuhan Gresik Makin Padat

0
389 views
Aktivitas bongkar muat di Pulabuhan Rakyat Gresik. (Foto: BG/Wan)
Aktivitas bongkar muat barang di Pulabuhan Rakyat Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Menjelang bulan puasa, aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Gresik terlihat lebih padat dibanding hari-hari sebelumnya. Terutama aktivitas kapal pengangkut bahan makanan atau sejumlah bahan pokok menuju Pulau Bawean.

“Ada peningkatan yang cukup siknifikan untuk pengiriman barang menuju Bawean. Terutama pengiriman sembako dan bahan-bahan kebutuhan pokok lainnya,” kata Amar, pengusaha kapal di Pelabuhan Gresik, Rabu (18/5/2015).

Amar menjelaskan, mendekati bulan puasa permintaan barang kebutuhan pokok mulai meningkat. Karena itu, kapal pengangkut barang menuju Pulau Bawean juga semakin banyak muatannya dalam mengirimkan barang ke sana.

Kapal Barokah Jaya misalnya, jika biasanya mengangkut sekitar 40 ton barang menuju Bawean, kali ini bisa mengangkut sampai 75 ton. Ada peningkatan sekitar 30% dibanding pada hari biasa, sebelum mendekati Ramadan.

“Peningkatan seperti ini biasanya terus berlangsung sampai nanti saat lebaran. Seperti tahun-tahun sebelumnya, permintaan pengiriman bahan pokok memang selalu tinggi menjelang puasa hingga hari raya,” terangnya.

Pelindo III Gresik juga membenarkan adanya peningkatan muatan mendekati bulan puasa. “Peningkatan itu sudah terasa sejak sekitar sebulan lalu. Biasanya, peningkatan ini terjadi hingga lebaran nanti,” kata Imran Rasidi, Menager Operasi dan Komersial Pelindo III Gresik.

Untuk kapal tujuan Bawean, kata dia, peningkatan bukan hanya pada angkutan barang. Tapi juga terjadi pada kapal penumpang. Semakin dekat dengan lebaran, biasanya penumpang menuju Bawean juga semakin tinggi jumlahnya.

Pelindo III Gresik mencatat, kunjungan kapal di pelabuhan rakyat (Pelra) atau kapal-kapal kayu (motor) di Pelabuhan Gresik pada triwulan I/2016 meningkat 10% dibandingkab tahun sebelumnya.

Triwulan I/ 2015 tercatat ada 343 unit, 48.993 GT (Gross Tonage) sedangkan tahun 2016 sebesar 313 unit, 54.338 GT. Arus barang pada kegiatan bongkar muat bag cargo, curah cair non BBM dan log di Pelabuhan Gresik juga naik 104%.

Triwulan I/ 2016 sebesar 1.227.338 Ton, 209.989 M3, 298 ton/liter sedangkan tahun 2015 hanya mencapai 1.171.208 satuan Ton, 166.565 M3 dan 51 satuan Ton/liter.

Menjelang bulan puasa, kunjungan kapal mengalami kenaikan. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pokok, yang tadinya kapal hanya berlayar 6 bulan sekali bisa menjadi 3 bulan sekali.

“Sedangkan kapal yang untuk di Bawean juga yang biasanya 2 minggu sekali menjadi 1 minggu sekali,” ungkap Edi Wartoko, Supervisor Operasi Pelayanan Kapal dan Barang PT Pelindo III Cabang Gresik. (wan)