Harga Kebutuhan Pokok Merangkak Naik

0
199 views
Harga sejumlah kebutuhan pokok di pasar Gresik tak menentu jelang Ramafhan. (Foto: BG/Wan)
Harga kebutuhan pokok di pasar Gresik merangkak naik jelang Ramadhan. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Jelang datangnya bulan Ramadhan, harga kebutuhan pokok di Kabupaten Gresik mulai merangkak. Sepekan terakhir, harga gula pasir naik sekitar 20 persen, yakni dari Rp 12 ribu per kg menjadi Rp 16 ribu per kg.

H. Jazuli mengungkapkan, fenomena ini sudah biasa terjadi jelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri. Meski pemerintah menginstruksikan adanya operasi pasar dan stabilisasi harga, upaya itu dinilai sia-sia.

“Operasi pasar tidak berpengaruh besar, harga-harga kebutuhan pokok tetap naik karena permintaan melonjak,” ungkap Jazuli, Rabu (18/5/2016).

Harga telur dalam sepekan terakhir juga ikut mengalami kenaikan. Saat ini harga telur mencapai Rp 17 ribu per kg. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, harga telur per kg sampai menyentuh Rp 21 ribu – Rp 22 ribu per kg.

Pantauan di lapangan, harga bawang merah mengalami kenaikan sebesar Rp 36.000 per kg dari sebelumnya hanya seharga Rp 28.000 per kg. Harga bawang putih naik menjadi Rp 26.000 per kg dari sebelumnya hanya seharga Rp 24.000.

Minah (50), salah satu pedagang di pasar Kota Gresik mengatakan, fluktuasi harga terjadi pada bawang merah dan bawang putih. Komoditas lain seperti cabai merah dan cabai kecil harganya masih stabil, yakni Rp 12.000 untuk cabai kecil dan Rp 17.000 untuk cabai merah besar. (wan)