Ribuan Pekerja Asing Bakal Banjiri Gresik

0
917 views
Ilustrasi
Ilustrasi

BeritaGresik.com – Berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tampaknya dimanfaatkan perusahaan asing (PMA) untuk mendatangkan tenaga kerja dari luar negeri. Hal itu dapat mengancam tenaga kerja lokal di Kabupaten Gresik.

Berdasarkan informasi yang berkembang, salah satu perusahaan modal asing yang berdiri di Kecamatan Manyar dikabarkan bakal menggunakan ribuan tenaga kerja asing (TKA).

Perusahaan yang ditengarai dari China itu mendatangkan TKA untuk menghemat biaya produksi. Jumlah mereka diperkirakan mencapai 3.000 orang. Bahkan, informasinya, pihak perusahaan sudah menyiapkan tempat tinggal.

Upah minimum kabupaten(UMK) Gresik yang mencapai Rp3.045.500 perbulan, dijadikan alasan bagi perusahaan modal asing yang terdapat di Kabupaten Gresik bakal mendatangkan tenaga kerja asing.

Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Ketenagakerjaan Disnaker Gresik Ninik Asrukin yang dikonfirmasi wartawan tidak mengelak tentang kabar itu. Pihaknya bahkan sempat dikonfrontir Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Surabaya atas kebenaran datangnya ribuan TKA ke Gresik.

“Iya, kami sudah menerima kabar adanya perusahaan yang bakal mendatangkan TKA secara besarbesaran ke Gresik,” ungkapnya. Namun, Ninik Asrukin mengaku belum tahu pasti detail datanya.“Kami masih menunggu adanya laporan resmi dari perusahaan tersebut. Nama perusahaannya kami juga belum tahu pasti, karena permohonan belum masuk,” akunya lagi.

Menurut dia, tidak ada masalahan jika ada perusahaan yang bakal memperkerjakan tenaga kerja asing di Gresik jika sesuai dengan aturan yang ada. Apalagi, sekarang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah diberlakukan. (as)