Kejar Swasembada Beras, Gresik Targetkan Perluasan Lahan

0
554 views
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat panen raya.
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat panen raya.

BeritaGresik.com – Kabupaten Gresik terus berupaya untuk mencapai target swasembada beras pada tahun ini. Untuk itu, areal pertanian atau persawahan di wilayah Gresik ditargetkan bertambah hingga mencapai seluas 67.000 hektar.

Saat ini Kabupaten Gresik memiliki stok beras sebanyak 255 ribu ton, dengan luas areal persawahan sekitar 58.000 hektar. Itu disampaikan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat melakukan panen raya di desa Petiyin Tunggal Kecamatan Dukun, Gresik, Kamis (17/03).

“Saya berharap, dari luas areal saat ini dapat terus berkembang. Dan target luas areal untuk lahan pertanian di Gresik dapat mencapai 67.000 hektar dan Gresik dapat mencapai swasembada beras,” ungkap Bupati Sambari Halim.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Agus Djoko Walujo berjanji berupaya memberikan bantuan berupa alat penyiangan padi kepada petani yang menginginkan alat tersebut.

“Walaupun saat ini belum pernah mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi, tetapi kami tetap berupaya memberikan alat penyiangan yang saat ini sedang dibutuhkan,” ungkapnya.

Dikatakan Kabag Humas Pemkab Gresik bahwa saat ini Pemerintah sudah memberikan sejumlah alat pertanian berupa Transplanter dan Traktor kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan). (wan)