Dispora Dorong Kemunculan Pengusaha Muda di Gresik

0
48 views
Pelatihan manajemen keuangan pengusaha muda di Gresik. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Gresik dinilai terus mengalami peningkatan belakangan ini. Hal itu tidak lepas dari peran serta para pengusaha muda di Kota Pudak yang ikut menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja.

Namun di sisi yang lain, para pengusaha muda tersebut dipandang kerab kali menemui kendala terkait manajemen keuangan bidang usaha yang digelutinya.

Karena itu, Pemkab Gresik melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) mengadakan kegiatan seminar tentang sistematika manajemen keuangan yang menyasar para pengusaha muda pemula.

Seminar ini diadakan di gedung pertemuan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) Gresik, Kamis (18/1/2018). Nampak puluhan pengusaha muda antusias ikut kegiatan ini. Mereka terdiri atas pengusaha kuliner, garmen hingga usaha percetakan.

Mufiddin Niah (24), peserta seminar yang menggeluti usaha percetakan mengaku sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini. Menurutnya, pelatihan ini penting diadakan, mengingat usaha yang tengah digelutinya kini semakin berkembang.

“Kami butuh pelatihan seperti ini. Dan kami berharap kedepan perlu diadakan pelatihan lainnya, seperti pengelolaan pajak maupun terkait dengan pengurusan perijinan,” kata Niah.

Menurut Kepala Dispora Jairrudin, kegiatan ini pertama kalinya digelar oleh Dispora Kabupaten Gresik. Pelatihan ini sebagai salah satu uapaya mendukung keberadaan pengusaha muda di kabupaten Gresik.

“Kami dukung pengusaha muda yang ada saat ini. Kami mencoba memfasilitasi mereka dengan pelatihan-pelatihan, ya salah satunya tentang bagaimana mengatur keuangan dengan benar,” ujar Jairrudin.

Nantinya, lanjut Jairrudin, para peserta diharapkan mampu mengimplementasikan apa yang sudah didapatkan melalui pelatihan tersebut. Mereka juga diharapkan mampu berdaya saing dengan daerah lain.

“Tentunya tidak hanya pelatihan ini saja, namun kami berupaya untuk mengadakan pelatihan-pelatihan lainnya di waktu mendatang. Dengan harapan, peran pemerintah terhadap pemuda terutama para pengusaha muda untuk mendukung mereka dapat terwujud,” pungkasnya. (as)