Sambari Pastikan Freeport Bangun Smelter di Gresik

0
557 views

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto memastikan PT Freeport Indonesia akan membangun pabrik “smelter” atau pengelola dan pemurnian mineral di wilayah Gresik, tepatnya di Desa Roomo, Kecamatan Manyar.

“Saya pastikan PT Freeport membangun pabrik peleburan tembaga di sini, mengacu pada analisa dampak lingkungan atau Amdal yang diumumkan pabrik tersebut di Desa Roomo, Manyar,” kata Sambari, Rabu (16/9).

Dia menjelaskan, Amdal yang diumumkan PT Freeport dibuat dalam bentuk “banner” berdiri dan ditempatkan di Kantor Kecamatan Manyar. Freeport juga akan mengadakan sosialisasi kepada warga pada 28 September 2015.

“Selain kepada masyarakat di sekitar lokasi pabrik, sosialisasi juga akan dilaksanakan di jajaran Pemerintah Kabupaten Gresik,” ucap Sambari.

Terkait keberadaan lahan, Sambari menyatakan pihaknya siap kapan pun jika dibutuhkan, meski saat ini baru ada sekitar 35 hektar dari total 102 hektar lahan yang dibutuhkan.

Sementara itu, sesuai Amdal yang diumumkan pabrik peleburan tembaga tersebut dirancang dengan kapasitas pengolahan 1 hingga 2 juta ton konsentrat per tahun. [wan]