Ibu-Ibu Kedanyang Antusias Belajar Mengolah Bandeng

0
1,067 views
Ibu-ibu di Desa Kedanyang antusias belajar mengolah ikan bandeng. (Foto: Sdm)
Ibu-ibu di Desa Kedanyang antusias belajar mengolah ikan bandeng. (Foto: Sdm)

BeritaGresik.com – Puluhan ibu-ibu di Desa Kedanyang terlihat antusias belajar mengolah ikan bandeng menjadi sejumlah makanan yang memiliki nilai ekonomi tinggi, seperti halnya membuat rolade bandeng maupun abon bandeng.

Pelatihan ini diselenggarakan di Balai Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas, Gresik, Rabu (14/9/2016). Praktik pengolahan ini dikemas dalam bentuk kegiatan diseminasi kebijakan iklim usaha sektor industri Diskoperindag.

Dua menu itu merupakan bagian dari 4 menu yang akan diajarkan kepada para ibu-ibu rumah tangga oleh instruktur dari Universitas International Semen Indonesia (UISI). Empat menu tersebut yaitu rolade, abon, ekado dan tempura.

Ketika rolade bandeng diangkat dari penggorengan, semua peserta pelatihan pun ikut mencoba mencicipi. “Enak, saya akan mencoba dirumah. Menu ini pasti laku dijual,” tutur Sriwahyuni (49).

Ikan bandeng dipilih sebagai bahan dasar pembuatan sejumlah makanan atas dasar permintaan warga setempat. Alasannya, selama ini produksi bandeng di desa setempat sangat melimpah.

Pada saat musim panen bandeng, diakui banyak ikan berukuran kecil terpaksa dijual murah. Melalui pembuatan makanan berbahan bandeng diharapkan nanti dapat menambah nilai ekonomis.

Pelatihan tentang pengoalahan ikan bandeng ini didampingi oleh instruktur dari Universitas International Semen Indonesia (UISI). Menu yang diajarkan meliputi rolade, abon, ekado dan tempura.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan Kabipten Gresik, Najikh menyatakan, bahws pihaknya hanya membantu dan memfasilitasi dalam kegiatan tersebut.

“Mulanya kami menginventarisir produk lokal yang sudah ada, kemudian meningkatkan produk lokal tersebut dengan cara memberikan pelatihan peningkatan kualitas produk, pengemasan hibgga pemasaran. (sdm/as)