Jokowi Optimistis JIIPE Gresik Dongkrak Daya Saing Nasional

0
890 views

jokowi-JIIPE

BeritaGresik.com – Presiden Joko (Jokowi) Widodo optimistis kawasan industri terpadu masa depan, Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) di Kabupaten Gresik seluas 2.900 hektare mampu mendongkrak daya saing nasional.

Jokowi meninjau Kawasan Industri Terpadu dan Deep Sea Port ini ditemani Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Gresik, Rabu sore (11/11/2015). Berdasarkan keterangan Tim Komunikasi Presiden, produk di Indonesia akan memiliki daya saing yang tinggi dengan model kawasan terpadu seperti ini, karena pabrik dan pelabuhan ada di satu lokasi.

“Sehingga tidak ada biaya transportasi, tidak ada biaya distribusi. Semuanya ada di kawasan terintegrasi,” ujar Presiden.

Kawasan Industri Terpadu masa depan adalah kawasan yang terintegrasi dengan fasilitas infrastruktur lainnya, seperti pelabuhan, pembangkit tenaga listrik, fasilitas air bersih, dan terbentang di lahan sekurangnya 2.000 hektare.

Dengan begitu, Kawasan Industri Terpadu masa depan JIIPE di Kabupaten Gresik yang memiliki luas lahan 2.900 hektare bisa menjadi contoh. “Kalau kita ingin berbicara jangka 50, 100 tahun yang akan datang,” kata Presiden Jokowi di Dermaga JIIPE.

Dia mengungkapkan, pembangunan kawasan terintegrasi seperti ini akan dibangun di semua titik yang ada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. “Bisa dikerjakan oleh BUMN, bisa dikerjakan kerja sama antara swasta dengan BUMN, bisa dikerjakan swasta sendiri,” ujarnya. [zr]