Dana PNPM di Gresik Tersisa Rp 58,1 Miliar

0
229 views
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat mengumpulkan seluruh Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) eks PNPM Mandiri se Kabupaten Gresik, Kamis (9/2/2017).

BeritaGresik.com – Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menginventarisir dana eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP). Dana sisa program tersebut di Gresik diketahui jumlahnya mencapai Rp 58,1 milliar.

Dari hasil inventatisir yang dilakukan bupati Gresik, dana itu diketahui tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Gresik. Sisa dana PNPM itu rencananya akan dialihkan menjadi moda awal pembentukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) bersama.

Hal itu disampaikan Bupati Gresik bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa saat mengumpulkan seluruh Ketua Unit Pengelola Kegiatan (UPK) eks PNPM Mandiri se Kabupaten Gresik di Ruang Graita Eka Praja, Kamis (9/2/2017).

“Kami setuju bila dana eks PNPM ini dialihkan sebagai modal awal Bumdes bersama. Kita inventarisir secara lengkap sambil menunggu dasar hukum dalam pembentukan Bumdes tersebut,” katanya dihadapan sejumlah Ketua UPK.

Sambari menambahkan, Bumdes tersebut nantinya bakal menjadi badan usaha di desa yang berfungsi untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat di pedesaan.

“Bumdes ini nanti bisa bekerjasama dengan pabrikan yang ada atau mengelola segala usaha pertanian maupun retail yang beroperasi di desa setempat,” imbuhnya. (as)