UKM Gresik Disiapkan Hadapi Pasar Bebas ASEAN

0
206 views
Sosialisasi UKM Award 2016’ kepada sekitar 200 pelaku UKM, Selasa (10/05) siang di ruang Mandala Eka Praja.
Sosialisasi UKM Award 2016’ kepada sekitar 200 pelaku UKM, Selasa (10/05) siang di ruang Mandala Eka Praja.

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten Gresik memberikan perhatian tinggi terhadap upaya pengembangan ekonomi kreatif usaha kecil dan menengah (UKM). Itu dilakukan guna menyiapkan UKM dalam menghadapi pasar bebas.

Itu diungkapkan Plt. Sekda Kabupaten Gresik Bambang Isdianto di Gresik, Selasa (10/5/2016). Menurut dia, UKM di Tanah Air, khususnya di Gresik, memang disiapkan menghadapi pasar bebas atau Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Pasalnya, Industri kreatif telah memberikan sumbangan terbesar terhadap PDB, ekspor dan penyerapan tenaga kerja. Pemerintah juga berupaya berkomitmen mengembangkan ekonomi kerakyatan, terutama UKM,” kata Isdianto.

Pemkab Gresik dikatakan selalu berupaya untuk memfasilitasi UKM. Isdianto berharap UKM yang ada terdapatr di Gresik mampu serta mempunyai daya saing tinggi di pangsa pasar. Karena itu, pemerintah akan memfasilitasi.

Terkait permodalan, masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya diminta tak perlu khawatir, masyarakat dapat memanfaatkan bank pemerintah untuk peminjaman modal. “Yang penting UKM harus berbadan hukum,” ujarnya. (as)