Akik asal pulau Bawean diburu kolektor

0
1,817 views

GRESIK, BeritaGresik.com. – Pameran batu mulia Gresik 2015 Ini ajang bagi para kolektor serta pencinta batu alam dan perhiasan. Dalam perhelatan GRESIK GAMESTONE & HERITAGE LEGACY mulai tangal 7-9 Mei 2015 ini diadakan di gedung wahana ekspresi poesponegoro (WEP) biasa disebut tlogo dendo gresik, pengunjung bisa cuci mata ataupun membeli berbagai perhiasan dan batu alam yang indah.

Pameran yang digagas oleh FIVE GEE ini mengundang perajin serta pedagang batu mulia dan permata dari seantero nusantara. Dari pantauan BeritaGresik.com, beberapa peserta pameran berasal dari Aceh, Jakarta, Surabaya dan beberapa kota besar lainya. Tentunya juga ada perajin lokal yang difasilitasi oleh panitia, antara lain dari pulau Bawean.

Berbagai ragam batu akik ditampilkan. Ada batu akik ruby yang tengah digandrungi, bacan, dan beragam batu mulia dalam bentuk cincin, kalung, dan perhiasan etnik. Yang menarik, batu akik dari pulau bawean kerana mempunyai corak yang antic juga memiliki panca warna ketika disinari cahaya.

Menurut seorang penjual, harga batu tergantung bahan dan ukuran. “Yang jelas, tak ada yang harganya di bawah Rp 100.000, kecuali batu mentah yang kecil-kecil,” ucap kipli seorang penjaga stand asal desa daun pulau bawean tersebut.

Apabila Anda kolektor batu alam dan permata atau ingin mencari perhiasan cantik, acara ini sungguh menarik untuk dikunjungi. Selain pameran toko, ada seminar tentang bagaimana memilih batyu akik yang baik serta menakar harga yang sesuai agar tak tertipu. Sungguh cocok bagi mereka yang kelebihan uang atau ingin berinvestasi. (zr)