Semen Indonesia Salurkan Bantuan CSR Rp6,5 Miliar

0
484 views
Ilustrasi Semen Indonesia
Ilustrasi Semen Indonesia

BeritaGresik.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menyalurkan bantuan program pemberdayaan kepada masyarakat di sekitar perusahaan di Kabupaten Tuban, senilai Rp6,5 miliar. Bantuan itu sebagai bentuk komitmen kepedulian kepada masyarakat sekitar.

Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk Suparni, mengatakan bantuan itu diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Tuban, dan akan disebar ke 26 desa 3 kecamatan di sekitar perusahaan.

“Bantuan ini sebagai wujud komitmen kami melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan dengan kerja sama Pemkab Tuban,” kata Suparni dalam keterangan persnya di Surabaya, Kamis (10/3/2016).

Lebih lanjut dia menjeladkan, program pemberdayaan masyarakat yang telah berjalan selama ini cenderung menimbulkan ketergantungan, dan membuat masyarakat serta pemerintah tidak melihat potensi yang dimilikinya.

Karena itu, Semen Indonesia dan Pemkab Tuban telah membentuk Forum Masyarakat Kokoh (FMK) di tiga kecamatan sekitar perusahaan yakni Kecamatan Kerek, Merakurak, dan Jenu.

FMK merupakan forum diskusi antara para pemangku kepentingan desa, meliputi pemerintah dan masyarakat. Tujuannya untuk mengidentifikasi potensi dan kebutuhan desa,” ucapnya.

Setelah kebutuhan teridentifikasi, proposal kemudian diajukan kepada CSR Semen Indonesia, sehingga diharapkan benar-benar menampung partisipasi masyarakat yang sejalan dengan pembangunan desa.

“Kita ingin pemerintah, masyarakat, dan perusahaan sama-sama membangun desa. FMK ini menjadi jawaban untuk menjaring kebutuhan masyarakat dengan menggali dan meningkatkan potensi warga,” tandas Suparni. (ant/wan)