Aneka Lampion Bersiap Sambut Idul Fitri

0
538 views

BAWEAN, BeritaGresik.com –¬†Banyak hal unik yang dilakukan warga dalam menyambut datangnya hari raya idul fitri. Salah satunya apa yang dilakukan oleh sebagian warga di desa Sukalela kecamatan Tambak Pulau Bawean.

Untuk menyambut hari kemenangan sejumlah warga setempat berbondong-bondong membuat lampu lampion yang terbuat dari bambu yang dibungkus dengan kertas warna warni. Kemudian lampu lampion dinyalakan sepanjang malam yang digantung di teras-teras rumah warga.

Kegiatan seperti ini biasanya dilakukan oleh mayoritas warga Bawean tempo dulu sebagai ungkapan kegembiraan dalam menyambut datangnya lebaran idul fitri.

Agus surur salah seorang warga setempat menuturkan kegiatan itu dimaksudkan untuk mempertahankan tradisi leluhur. Sebab kata dia pembuatan lampu lampion atau yang lazim disebut “tanglong” oleh warga Bawean sarat dengan makna filosofi yang sangat dalam, diantaranya hiasan lampu yang warna warni sebagai ungkapan kegembiraan.

“Tanglong ini salah satu tradisi warisan leluhur yang mengandung banyak makna filosofi, sayang kalau tidak dipertahankan”, jelas Surur, Rabu (08/07).

Lebih lanjut Agus Surur menuturkan dulu ketika belum ada penerangan lampu PLN, biasanya hampir di setiap rumah warga dan mushollah tempat mengaji selalu dihiasi dengan lampion menjelang datangnya hari raya idul fitri, selalunya 10 hari diakhir bulan ramadhan warga sudah menggantung lampion masing-masing. Bentuknya bermacam-macam mulai dari berbagai jenis bentuk ikan, kapal burung bulan dan bintang dan lain-lain.

“Kalau dulu sebelum ada lampu, tanglong ini menjadi penerangan di rumah-rumah warga dan mushollah biasanya mulai dinyalakan 10 hari diakhir bulan Ramadhan”, pungkasnya. (abr)