Survei EMS Prediksi SQ Menang dalam Pilkada Gresik

0
2,597 views

BeritaGresik.com – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gresik Sambari Halim Rudianto-M.Qosim (SQ) diprediksi bakal mengungguli pasangan lainnya dalam Pilkada Gresik 2015. Hal itu tergambar dari hasil survei yang dilakukan EMS Research  Center Jakarta.

Dari hasil survei tersebut dikatakan, pasangan incumbent mengungguli dua paslon pesaingnya yakni Husnul Khuluq-Akhmad Rubaie (Berkah), dan Ahmad Nurhamim-Junaedi (Arjuna), baik elektabilitas maupun popularitas.

Direktur ESM Reseach Centre Jakarta Mukradist mengatakan, pihaknya melakukan tracking poll survey tiga pasangan calon pada 25-29 Agustus 2015, dengan metode multistage random sample with stratifield sampling.

“Survei ini melibatkan sebanyak 800 responden yang tersebar di sekitar 356 desa. Adapun margin errornya kurang lebih sekitar 2,60%,” kata Mukradist, Selasa (8/9).

Dalam survei disebutkan, popularitas pasangan SQ mencapai 59%%, Berkah 27% dan pasangan Arjuna 4%. Adapun elektabilitas pasangan calon SQ sebesar 23,02%, pasangan Berkah 11,12%, dan Arjuna 3,19%.

Kendati pasangan SQ unggul atas dua pesaingnya, Mukradist mengingatkan bahwa Pilkada masih dihadapkan pada sikap pragmatis pemilih. Hal itu dipicu pembiayaan kampanye yang besar saat Pileg 2014 lalu.

“Tiga pasangan punya pemilih ideologis yang dapat dijadikan modal. Pasangan ideologis SQ 13,02%, pasangan Berkah pemilih ideologisnya 5,12% dan pemilih ideologis Arjuna 1,09%,” pungkasnya. [zr]