Perairan Tercemar, Produksi Ikan Asin di Gresik Menurun

0
635 views

BeritaGresik.com – Produksi ikan asin di Gresik menurun menyusul penyusutan tangkapan nelayan akibat  tercemarnya perairan Gresik oleh limbah pabrik. Hal itu juga dipicu makin sempitnya tempat sandar perahu nelayan karena banyaknya reklamasi bibir pantai yang dijadikan terkunal bongkar muat.

“Kita memproduksi hanya empat karung sedangkan dulu bisa15 karung per hari,” kata Minah (52) seorang perajin ikan asin di Kelurahan Lumpur, Gresik, Senin (7/9).

Dia mengatakan, menurunnya produksi ikan itu tentu berdampak terhadap pendapatan  ekonomi keluarga. Pihaknya kini tidak bisa memenuhi permintaan pasar karena  produksinya menurun.“Sebagian besar produksi ikan asin di sini dipasok ke Jakarta dan sejumlah daerah,” tuturnya.

Menurut dia, selama ini para perajin ikan asin banyak yang tidak memproduksi karena  tangkapan nelayan menyusut. “Kami berharap Pemerintah akan lebih peduli bagi para nelayan,” ucapnya.

Saat ini banyak di antara para perajin yang terpaksa beralih profesi menjadi pedagang makanan dan penjual batu akik dadakan. [wan]