DPRD Gresik Soroti Masalah yang Melilit PT Gresik Migas

0
624 views
Seorang petugas berada di metering station PT GM. (Foto: BG/Wan)
Seorang petugas berada di metering station PT GM. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Persoalan yang terjadi di PT Gresik Migas (GM) kembali terungkap. Setelah PT Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO) menghentikan pasokan, PT GM dikabarkan membiarkan salah satu kliennya PT AEI menunggak hutang sekitar Rp100 miliar.

Hal itu diungkapkan Ketua DPRD Gresik Abdul Hamid. Dia menekankan agar PT GM segera menyelesaikan semua persoalan yang melilit perusahaan pelat merah itu. Termasuk menyelesaikan permasalahan piutang dengan PT AEI selaku pembeli minyak gas.

Piutang tersebut finilai mempengaruhi pendapatan yang bisa diterima Gresik Migas. “Kalau memang belum diselesaikan, harus diselesaikan dulu,” terang Abdul Hamid seraya menolak menyebutkan jumlah piutang PT AEI.

Hutang PT AEI kepada PT Gresik Migas yang jumlahnya sekitar Rp100 miliar diduga terkait dengan kasus korupsi yang terjadi di Kabupaten Bangkalan Madura.

Akibat kasus itu, PT MKS selaku pembeli gas dari PT AEI tidak bisa membayar hutangnya, sehingga berimbas pada pembayaran gas dari PT AEI kepada PT GM.

Selain persoalan piutang, Abdul Hamid meminta PT GM segera memenuhi semua persyaratan yang diatur dalam Peraturan Menteri (Permen) 37/- 2015 agar segera mendapatkan pasokan gas dari PHE WMO. (wan)