Pengangguran Tinggi, Perusahaan Diminta Prioritaskan Warga Gresik

0
858 views

Pencari kerja di Gresik

BeritaGresik.com – Sejumlah pencari kerja sibuk mengisi surat lamaran saat Job Fair II Gresik yang dihelat di wisma A.Yani Jalan Veteran Gresik, Kamis (5/11). Setidaknya 1.500 peluang kerja ditawarkan dalam job fair tersebut.

Berdirinya 800 perusahaan besar di Kabupaten Gresik ternyata belum mampu mengurangi jumlah pengangguran. Sebab, jumlah pengangguran pada 2010 saja mencapai sekitar 158.328 jiwa. Diprediksi tiap tahunnya angka pengangguran akan terus bertambah hingga 2016 nanti.

”Gresik sebenarnya memiliki potensi yang besar jika dibandingkan dengan kabupaten lain, karena ada ratusan perusahaan berdiri di Gresik. Tapi jumlah penganggurannya sangat tinggi,” pemerhati pengangguran Gresik, Bagus Aji Santoso.

Masalahnya, terang Bagus, meskipun sebenarnya jumlah kesempatan kerja di Gresik tinggi, tapi saat ini penduduk di Gresik tidak diprioritaskan dalam perusahaan-perusahaan itu ketika butuh tenaga kerja.

”Perusahaan-perusahaan di Gresik, 40% warga luar Gresik. Karena itu, pemerintah harus menekan pelaku usaha agar lebih memprioritaskan warga ber-KTP Gresik, ” pungkas Bagus. [wan]