Disambangi Menperin, Dirut PT. PI Keluhkan Mahalnya Harga Gas

0
445 views
Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto berkunjung ke PT Petrokimia Gresik, Kamis (4/8/2016). (Foto: BG/Wan)
Menperin Airlangga Hartarto berkunjung ke PT Petrokimia Gresik, Kamis (4/8/2016). (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto berkunjung ke PT Petrokimia Gresik, Kamis (4/8/2016). Rombongan menteri diterima di Wisma Kebomas.

Dalam kunjungannya, Menperin ingin mendengarkan permasalah gas bagi industri pupuk di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan harga gas bagi industri tertentu yang kini tengah dirumuskan.

Dalam kesempatan itu, Direktur Utama (Dirut) PT. Pupuk Indonesia (PI), Aas Asikin Idat mengeluhkan mahalnya harga gas yang diperoleh perusahaan pupuk di bawah PI jika dibandingkan dengan harga gas di negara lain.

Pabrik pupuk di Indonesia juga banyak yang berusia lebih dari 25 tahun, sehingga penggunaan gasnya pun boros. “Gas bagi perusahaan pupuk mendominasi karena bukan sebagai bahan bakar, tapi menjadi bahan baku,” kata Dirut PI.

Menanggapi hal itu, Menperin Airlangga Hartarto menyampaikan, pihaknya sudah memilik kebijakan terkait prioritas penggunaan gas, dimana nanti akan ada perbedaan harga.

Kementerian Perindustrian saat ini dikatskan tengah mengkajinya, untuk memastikan industri apa saja yang memerlukan harga gas kompetitif.

“Jangan sampai kita membuat regulasi yang justru membuat daya saing industri kita lebih lemah,” ujar Menperin.

Menperin meminta jajarannya untuk menindaklanjuti masukan yang disampaikan oleh Dirut PT PI. Ke depan, pihaknya ingin agar harga gas untuk industri pupuk tidak memberatkan. (wan)