Persaingan Ketat, Semen Gresik Perkuat Jaringan Pemasaran

0
283 views

GRESIK, BeritaGresik.com – Banyaknya perusahaan raksasa semen di Indonesia tak membuat perusahaan Semen Gresik patah semangat. Hal itu justru memacu tim pemasaran Semen Gresik untuk membuat sejumlah program menarik serta memperkuat jaringan pemasaran lewat hubungan emosional.

Kepala Departemen Penjualan Semen Gresik, Bambang Djoko mengakui persaingan penjualan tahun ini lebih ketat dibanding tahun sebelumnya. Pasalnya, tahun ini muncul sejumlah produk semen “raksasa” dunia yang terus membanjiri pasar di Tanah Air.

“Tahun lalu masih ada tujuh produk semen yang meramaikan pasar Indonesia, sedangkan tahun ini sudah bertambah lagi menjadi 10, sehingga persaingan lebih ketat lagi,” kata Bambang Djoko disela-sela temu pelanggan setia di Hotel Insumo Rabu (3/6) malam.

Apalagi, pada triwulan pertama 2015 ini pertumbuhan penjualan di wilayah Jawa Timur minus 3,4% dibanding periode yang sama tahun lalu, yakni hanya 1,79 ton. Sedangkan tahun lalu mencapai 1,86 juta ton.

Namun demikian, Jawa Timur merupakan provinsi kedua dengan konsumsi semen tertinggi di Pulau Jawa, setelah Jawa Barat yang mencapai 1,95 juta ton.

Karena itu, meski pertumbuhan pada triwulan pertama 2015 minus 3,4% pihaknya tidak akan merevisi target. Sebab, mulai akhir Juli diperkirakan bergairah kembali karena proyek berskala besar milik pemerintah seperti pembangunan jalan tol dan waduk kemungkinan besar mulai dikerjakan.

Kendati tahun ini ada beberapa merk semen yang beredar di Jawa Timur, pihaknya tetap optimistis bakal memenuhi target, bahkan persaingan pasar justru memacu diri untuk memperkuat branding produk kepada masyarakat.

“Masyarakat tidak perlu ragu lagi menggunakan Semen Gresik karena kualitasnya telah terbukti dengan adanya bangunan monumental yang menggunakan Semen Gresik,” pungkasnya. [AS]