Pasar Desa Balongpanggang Raih Penghargaan Terbaik Ke-2 se Jatim

0
171 views
Kepala Desa Balongpanggang, Slamet Ramli memperlihatkan piagam penghargaan untuk pasar desa Balongpanggang. (Foto: BG/As)

BeritaGresik.com – Pasar Desa Balongpanggang, Kabupaten Gresik meraih penghargaansebagai pasar desa terbaik ke-2 se Jawa Timur. Pasar tersebut merupakan anak usaha dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Balongpanggang.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Tursilowanto Hariogi kepada Kabag Humas Pemkab Gresik Suyono, Kamis (4/5/2017). Dia menyebutkan, saat ini ada 210 Bumdes di Gresik dan Bumdes Balongpanggang termasuk salah satunya.

“Saat ini kami tengah melaksanakan percepatan untuk membentuk Bumdes yang nantinya semua Desa punya Bumdes,” kata Tursilo di kantornya.

Trophy penghargaan diterima Kepala Desa Balongpanggang, Slamet Ramli dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo pada acara puncak peringatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke 14 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke 45 di GOR Lembu Peteng Tulungagung, Kemarin.

Lebih lanjut Tursilo menjelaskan, pasar desa Balongpanggang unggul dibidang penataan dan manajemen, sehingga meraih penghargaan. Meski sederhana, penataan pasar yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan umum itu tanpak rapi. “Saluran pembuangan air tertata bagus dan kebersihan tiap blok terjaga,” terangnya.

Pasar Balongpanggang memiliki ratusan kios yang tertata rapi sesuai jenis dagangannya. Atas prestasi itu, Tursilo mengaku bangga dan mengapresiasi pengelolaan pasar Desa Balongpanggang karena selalu melaksanakan pembinaan yang dilakukan pihaknya.

“Managemennya juga bagus sesuai arahan. Hal ini ditandai dengan terbentuknya struktur yang tertata serta pelaksanaan job diskripsi yang dilakukan oleh masing-masing pihak” pungkasnya. (as)