Pamor Batu Akik Redup, Pengrajin Banting Setir

0
589 views
Penjual dan pengrajin batu akik di Gresik. (Foto: BG/Wan)
Penjual dan pengrajin batu akik di Gresik. (Foto: BG/Wan)

BeritaGresik.com – Penjualan batu akik di Pasar Kota Gresik menurun drastis jika dibandingkan beberapa bulan lalu. Tidak sedikit para pengrajin batu akik yang terpaksa meninggalkan usahanya.

Biasanya, kabar tentang batu akik selalu tentang kegairahan, baik penjualan dan pembelian. Bahkan harganya sangat mahal untuk varian batu akik tertentu. Keriuhan per-akik-an ini juga bisa berujung keributan dan perebutan antar warga.

Tren batu akik itu tidak bertahan lama karena saat ini mereka sudah jarang mendapatkan pesanan pengerjaan dan pembelian batu akik, baik dari warga setempat maupun luar daerah.

Menurut Ridwan (37), untuk saat ini bisa mendapatkan Rp500.000 dalam sepekan sudah bagus. Kondisi ini sangat berbeda jauh jika dibandingkan beberapa bulan lalu, dimana pendapatan tersebut bisa diraih hanya dalam waktu sehari.

Ridwan menuturkan, selain disebabkan turunnya tren batu akik, penurunan pendapatan para perajin dan pedagang batu akik di daerah itu juga banyak dipengaruhi masalah desain dan kreasi.

“Selama ini perajin hanya bisa mengolah batu akik untuk dijadikan cincin pria, sedangkan segmen pasar untuk kaum perempuan belum ada yang mampu mengerjakan,” ujarnya.¬†(wan)