Ratusan Buruh Kembali Tuntut UMK Gresik Rp 3,7 Juta

0
592 views
Massa buruh di Gresik saat menggelar aksi demo beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Berita Gresik)
Massa buruh di Gresik saat menggelar aksi demo beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. Berita Gresik)

BeritaGresik.com – Ratusan massa buruh di Kabupaten Gresik kembali mendatangi Kantor Bupati Gresik, Jumat (2/12/2016). Buruh menuntut upah minimum kabupaten (UMK) Gresik yakni sebesar Rp 3,7 juta.

Kendati Gubernur Jawa Timur menetapkan UMK Kabupaten Gresik Rp 3.293.506, buruh tetap meminta agar bupati Gresik memperjuangkan tuntannya, seperti yang dilakukan Kabupaten Pasuruan dan Mojokerto.

“Malu Gresik yang begitu kaya kalah dengan Pasuruan dan Mojokerto,” kata Ardi, salah satu buruh di sela-sela mengikuti aksi demo di kantor Pemkab Gresik, seperti┬ádilansir Bangsa Online.

Dalam tuntutannya, buruh juga menolak rencana amandemen Undang-Undang (UU) Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenaga kerjaan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78/2016 tentang Pengupahan.

Keberadaan amandemen UU tentang Ketenaga Kerjaa dan PP tentang Pengupahan tersebut dipandang telah merugikan kalangan buruh.

Aksi demo buruh di Kantor Pemkab Gresik ini mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian, Satpol PP dan Kodim 0817 dan Satpol PP. (zr)