BMKG Peringatkan Tinggi Gelombang Laut Jawa Capai 4 Meter

0
761 views

BeritaGresik.com – Staf Informasi dan Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya Eko Prasetyo  mengungkapkan tinggi gelombang Laut Jawa dalam tiga hari ke depan berkisar 3-4 meter.

“Gelombang Laut Jawa utamanya di selatan Kalimantan Selatan tinggi, berkisar 3-4 meter. Angin juga kencang, bisa mencapai 55 kilometer per jam.  Karena itu, perlu diwaspadai,” kata Eko di Surabaya, Jumat (2/10).

Menurut dia, gelombang tinggi di  Laut Jawa dipicu pemanasan maksimum di ekuator sehingga terjadi penurunan tekanan udara di wilayah tersebut. Ditambah dengan pergerakan angin karena adanya pusat tekanan rendah di barat laut Filipina.

Pelayaran Gresik-Bawean Lumpuh

Tingginya gelombang di Laut Jawa dalam beberapa hari terakhir juga mengakibatkan pelayaran antar pulau lumpuh total, termasuk pelayaran kapal dari Gresik ke Bawean atau sebaliknya.

Cuaca buruk di laut Jawa juga menyebabkan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium ke Pulau Bawean terhenti. Akibatnya, terjadi kelangkaan BBM di Pulau Bawean.

Kasi Keselamatan Adpel Gresik, Turmanto, memperkirakan gelombang besar masih akan terjadi dalam dua hari ke depan. Pihaknya belum bisa memastikan kapan pelayaran kapal tujuan Gresik-Bawean kembali beroperasi normal.

“Kemungkinan Senin (5/10) gelombang sudah agak membaik. Kalau kita, ya namanya pelayaran tetap mengacu pada keselamatan penumpang , itu yang lebih utama,” ucapnya. [abr]