Freeport Sebut Lahan Smelter Masih di Petrokimia

0
883 views
Ilustrasi smelter
Ilustrasi smelter

BeritaGresik.com – PT Freeport Indonesia menyatakan bahwa sampai saat ibu masih menjalin bekerja sama dengan PT Petrokimia Gresik dalam membangun fasilitas pemurnian mineral (smelter) tembaga.

Perusahaan tambang asal Amerika itu menyewa lahan milik Petrokimia sebagai lokasi smelter. “Perjanjian land lease dengan Petrokimia Gresik masih berjalan,” kata Jubir Freeport Indonesia Riza Pratama, Jumat (2/9/2016).

Pernyataan itu disampaikan Riza menanggapi tudingan anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Golkar Eni Maulani Siregar yang menyebut Freeport tidak serius membangun smelter di Gresik.

Tudingan itu disampaikan Eni usai bertemu dengan Direksi Petrokimia dan terungkap jika kerja sama antara Freeport dengan Petrokimia berakhir. Alasannya Freeport belum mendapatkan kepastian pascakontrak karya berakhir di 2021.

“Freeport sudah tidak kerja sama dengan Petrokimia. Dia belum memperbaharui kerja samanya dengan Petrokimia,” kata Eni dalam Rapat Kerja Komisi VII DPR kemarin.

Riza menegaskan, Freeport masih bekerjasama dengan Petrokimia. Asam sulfat sebagai produk samping dari smelter akan diserap Petrokimia. Selama ini Petrokimia mengimpor sebagian besar asam sulfat untuk bahan baku pupuk.

Seperti diketahui, Freeport membangun smelter berkapasitas bahan baku 2 juta ton konsentrat tembaga. Investasi proyek ini mencapai US$ 2,1 miliar. Progres pembangunan smelter ini baru mencapai 14 persen. (wan)