Permintaan Tinggi, Gresik Kembangkan Jahe Merah

0
448 views

BeritaGresik.com – Pemerintah Kabupaten Gresik bersama para petani tengah mengembangkan tanaman jahe merah. Hal itu dilakukan mengingat tingginya harga dan permintaan terhadap jahe merah tersebut.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP4K) Gresik Labat Wibowo mengatakan, pihaknya memilih Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas, Gresik sebagai pilot project atau proyek percontohan budidaya penanaman jahe merah.

“Lahannya sudah disiapkan termasuk petani anggota Gapoktan Desa Kedanyang yang siap menanaman 2 ribu tunas bibit tanaman jahe dengan polybag,” kata Labat Wibowo di Gresik, Kamis (2/7).

Wibowo mengakui jika saat ini permintaan jahe merah cukup tinggi. Beberapa pihak dikatakan telah menyatakan siap untuk menampung produksi, dan membeli jahe merah asal Desa Kedanyang, Gresik.

“Ini merupakan sebuah peluang yang harus ditindaklanjuti setelah menemukan Desa Kedanyang sebagai tempat yang cocok untuk budidaya tanaman jahe,” terangnya.

Budidaya jahe merah ini mendapat bantuan dari Corporate Social Responbility (CSR), PT Pertamina EP. Dalam budidaya itu,  Pertamina EP berjanji siap membantu untuk menjadi pendamping petani hingga berhasil. [as]