Bongkar Log Nilam Dipindah ke Pelabuhan Gresik

0
823 views
Pelabuhan Gresik (Foto: Dok. BG)
Pelabuhan Gresik (Foto: Dok. BG)

BeritaGresik.com – Pelindo III (Persero) Cabang Tanjung Perak Surabaya akan memindahkan bongkaran kayu log dari dermaga Nilam ke Pelabuhan Gresik. Padatnya kunjungan kapal di Pelabuhan Gresik menjadi alasan pemindahan itu.

Untuk itu, Pelindo III Tanjung Perak pun sudah mengajukan pemindahan bongkar log ke pihak Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, dan sudah disanggupi untuk segera memindah bongkar log Nilam ke Pelabuhan Gresik.

“Setelah melakukan kajian dan tinjauan baik di pelabuhan Nilam maupun pelabuhan Gresik, kami akan mengijinkan pembongkaran kayu log dipindahkan ke pelabuhan Gresik,” kata Ketua Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Chandra Irawan, Kamis (1/9/2016).

Menurut dia, penggunaan dermaga Nilam untuk bongkaran kayu log kurang tepat. Bahkan, tak jarang menggeser antrian kapal cargo maupun container yang dibuat Pelindo sehingga menambah antrian kapal yang hendak sandar.

“Jika dermaga nilam bisa digunakan bongkar muat kapal cargo otomatis jika ada kapal asing yang diprioritaskan maka antrian yang ada dari dermaga lain bisa dialihkan ke Nilam,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Chandra, dermaga Nilam memang digunakan untuk bongkaran kayu log, pasir kuarsa dan tanah liat. Untuk sementara yang akan dipindah ke Gresik adalah kayu log, sedang bongkar pasir kuarsa dan tanah liat menyusul.

Kepala Bidang Lalulintas Laut Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Dody Triwahyudi menilai, bahwa dermaga Nilam sudah tidak layak lagi untuk bongkar kayu log mengingat klasterisasi yang dilakukan oleh Pelindo.

Sementara pelabuhan Gresik dinilai masih cukup memadahi untuk bongkar kayu log mengingat sarana yang disediakan berupa fit crane ada 4 unit ditambah lagi 2 unit di terminal GJT yang juga digunakan.

“Yang jelas di Nilam hanya menghabiskan antrian 9 kapal pengangkut log yang ada dan selanjutnya kapal berikutnya sudah harus ke Kresik,” tandas Dody.

Sementara itu, Manager Operasi PT Pelindo III (Persero) Cabang Gresik, Imran Rasidi mengakui hingga saat ini bongkaran kayu log di pelabuhan Gresik tidak ada masalah. Disamping itu juga masih ada dermaga GJT yang bisa digunakan apabila bongkaran meluber.

“Bagi pihak pemilik barang terserah aja bongkar dimana baik di pelabuhan pelindo atau terminal Gersik jasa tama (GJT),” papar Imran. (wan)