Negara Tujuan Ekspor Kayu Log Terus Bertambah

0
642 views

BeritaGresik.com – Sejumlah kapal dan para pekerja tengah melakukan bongkar muat kayu log di Pelabuhan Pelindo III Gresik, Jawa Timur, Rabu (1/7). Data sistem informasi legalitas kayu (SILK) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyebutkan, produk industri kehutanan telah diekspor ke 194 negara tujuan sejak berlakunya persyaratan sertifikat sistem verifikasi legalitas kayu (SVLK) bagi eksportir produk industri kehutanan pada 1 Januari 2013.

Jumlah tersebut diperkirakan bertambah ke seluruh negara di Uni Eropa jika telah disepakati perjanjian antara Indonesia dengan Uni Eropa. Mengantisipasi hal itu, sebelumnya PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) telah mendatangkan delapan unit alat bongkar muat jenis fixed crane dengan total investasi Rp 105 miliar sejak awal Februari 2015. Rencananya, empat dari delapan unit akan diletakkan di Pelabuhan Gresik.

Humas Pelindo III Edi Priyanto pernah mengatakan, saat ini Pelindo III sedang melakukan pemasangan dan pengujian sebelum alat itu dioperasikan. Rencananya delapan crane ini akan ditempatkan di tiga lokasi pelabuhan. “Seluruh alat itu dialokasikan di tiga lokasi pelabuhan di lingkungan kerja kami. Empat unit di Pelabuhan Gresik, dua di Pelabuhan Batulicin, dua di Pelabuhan Lembar,” kata Edi beberapa bulan lalu.

Keberadaan fixed crane ini memiliki banyak fungsi. Alat berat itu berfungsi membongkar muat peti kemas, membongkar muat kayu log, dan membongkar muat curah kering. [wan]